Prasetio Edi yang dilingkari merah (Gambar: Istimewa)

Elektabilitas Ahok-Djarot Nyungsep ke 10,6%, Ketua Timses Ahok-Djarot Tak Percayai Survei LSI

Posted on

Prasetio Edi yang dikenal sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat mengaku tak percaya dengan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyebut elektabilitas jagoannya cuma 10,6 persen. Elektabilitas Ahok-Djarot menempati posisi paling buncit di antara pasangan lain pasca Ahok ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penistaan agama.

Sebaliknya, politikus PDI Perjuangan justru mengingatkan kemenangan Jokowi-Ahok di Pilgub 2012. Saat itu duet yang diusung PDIP dan Gerindra itu mampu mematahkan seluruh hasil survei dan memenangkan kompetisi.

“Saya ingatkan sekali lagi, tahun 2012 kita pernah punya pasangan namanya Jokowi-Ahok, survei kalah semua sama kita,” kata Prasetio, Minggu (20/11), seperti dikutip dari laman Rmol.

Sebelumnya, dari survei LSI yang dilakukan periode 31 Oktober-5 November 2016 dengan melibatkan 440 responden, dukungan untuk Ahok turun dari 24,6 persen menjadi 10,6 persen.

Survei LSI Denny JA itu memang dilakukan sebelum Ahok ditetapkan sebagai tersangka. Namun, responden sudah ditanya perihal dukungan jika Ahok menjadi tersangka kasus dugaan penistaan agama.

Elektabilitas pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni sebelum Ahok tersangka, berada di 20,90 persen. Namun, setelah Ahok menjadi tersangka dukungan Agus-Sylvi mengalami peningkatan 30,90 persen (pertanyaan terbuka) dan 32,30 persen (pertanyaan tertutup).

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dari yang sebelum Ahok tersangka 20,00 persen, setelah Ahok menjadi tersangka meningkat menjadi 31,90 persen (pertanyaan terbuka) dan 31,10 persen (pertanyaan tertutup).

Sedangkan swing voters mengalami penurunan. Sebelum Ahok tersangka mencapai 34,50 persen, setelah Ahok tersangka menjadi 26,60 persen (pertanyaan terbuka) dan 25,10 persen (pertanyaan tertutup).

Share Button
Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *