Gambar: Beritasatu/Google

Selain Petugas Partai PDIP, Jokowi Juga Jadi Ketua Dewan Pembina PNI Marhaenisme

Posted on

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan tegas mengatakan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai petugas partai.

Kini, Jokowi pun mendapat jabatan baru disalah satu partai politik di negara Indonesia selain PDIP. Ya, Jokowi ditetapkan menjadi Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Indonesia Marhaenisme (PNI-M). Demikian salah satu ketetapan dari Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PNI-M yang baru digelar di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dilansir Beritasatu, penetapan itu dilakukan setelah dibahas oleh ratusan peserta Rapimnas bahwa ada kesamaan visi dari PNI Marhaenisme dengan pemerintahan saat ini di bawah pimpinan Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

Ketua Umum DPP PNI-M Sukmawati Soekarnoputri menjelaskan penetapan Jokowi sebagai Ketua Dewan Pembina oleh peserta Rapimnas sudah melalu sejumlah pertimbangan yang matang. Hal itu mengingat pemerintahan saat ini dinilai mempunyai kesamaan visi dengan PNI-M. Jokowi-JK dinilai memiliki kedekatan yang kuat dengan PNI-M karena menggunakan landasan perjuangan sama dan melaksanakan cita-cita Trisakti Bung Karno. PNI-M sebagai mitra pemerintah dan rakyat dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“PNI-M sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kepemimpinan nasional Jokowi-JK yang menetapkan Trisakti Bung Karno sebagai landasan operasional tata kelola pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu, kata Sukmawati, keluarga besar PNI Marhaenisme mengusulkan Jokowi menjabat sebagai Ketua Pembina. Penegasan pada Trisakti Bung Karno yakni berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

“Ini juga untuk memperkuat dan mempercepat pembangunan bangsa dalam kesamaan persepsi yang harmoni. Terbukti sudah bahwa ajaran Bung Karno sejak dicetuskan sampai sekarang masih relevan untuk menyelesaikan masalah kenegaraan dan kebangsaan,” ,” kata Sukmawati dalam keterangannya.

Share Button
Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *